Langsung ke konten utama

Bahaya Alkohol


Sejarah alkohol sama panjangnya dengan sejarah kebudayaaan manusia. Para arkeolog menyebut bahwa minuman beralkohol timbul kali pertama di zaman kebudayaaan Mesir Kuno. Kemudian, perkembangannya berlanjut pada periode Yunani Kuno serta Romawi Kuno. Dari sinilah minuman alkohol semakin berkembang serta menjadi tahap dari kebudayaaan manusia.

Bahaya Alkohol


Dari sejarah tadi bermunculanlah beberapa tipe minuman beralkohol di beberapa belahan bumi, masing-masing dengan kekhasan pembuatannya, yang tak lepas dari budaya setempat. Dari aspek pandang sosiologi, minum keras di beberapa tempat Indonesia adalah tahap dari budaya istiadat masyarakat setempat. Umpama budaya masyarakat Irian Jaya, Manado, Sulawesi, Sumut, Jawa, Bali serta beberapa daerah lain memakai minuman keras dalam agenda ritual adatnya. Ritual budaya ini menjadi pendorong anak buah masyarakat mengkonsumsi minuman keras. Di bab II bakal dipaparkan beberapa tipe minuman beralkohol di dunia, tergolong di Indonesia, untuk meningkatkan khasanah pembaca.

Kemudian, apabila ingin mengenal soal pandangan agama serta kepercayaan mengenai minuman beralkohol, Kamu bakal mendapatinya di bab III. Kita sadar, budaya masyarakat Indonesia tak sama dengan budaya barat. Sebab itu, pendapat pakar agama di dunia pun tak sama-beda mengenai boleh tidaknya meminum alkohol. Mengantisipasi faktor ini, seorang sarjana agama yang sedang menuntut ilmu di Universitas Al Azhar Kairo mencoba menyumbangkan tulisan mengenai aspek pandang agama Islam terhadap alkohol.

Alkohol adalah masalah yang lumayan dilematis. Sebab, minuman keras telah menjadi tahap dari budaya istiadat pada beberapa tempat di Indonesia. Masyarakat Papua, Manado, serta Bali tak jarang menjadikan minuman keras sebagai tahap ritual adat. Ritual budaya ini salah satu yang mendorong anak buah masyarakat mengonsumsi minuman keras. Tercatat, dari kebiasaan ini yang mengakibatkan kematian jumlahnya ratusan, bahkan mungkin ribuan! Semacam umpama yang terjadi di Papua. Telah ratusan orang tewas akibat minuman oplosan di sana. Sejak Januari sampai Agustus 2008, lebih dari 53 orang warga asal Pegunungan Tengah tewas akibat minuman keras.

Itu yang terjadi di Indonesia. Sementara di dunia barat sana, telah jamak terjadi orang kecanduan minum alkohol. Mulai dari orang biasa, bintang film papan atas, politikus, atlet yang notabene lebih peduli pada kesehatan! Sehingga, di Australia, Amerika, Eropa, China, serta benua lainnya menerapkan peraturan ketat terhadap konsumsi alkohol. Bab IV bakal mengisahkan beberapa kisah hebat mengenai peminum alkohol di beberapa belahan bumi.

Walau alkohol belum menjadi momok bagi mayoritas masyarakat Indonesia, telah saatnya orangtua membagi pengetahuan terhadap seluruh anak buah keluarga mengenai alkohol, khususnya menyangkut bahayanya. Untuk itu, tahap kelima buku ini disampaikan dengan cara rinci, bahaya serta akibat yang ditimbulkan dalam kenasiban sosial. Bahaya serta ancaman bagi kesehatan tubuh dibekali dengan hasil penelitian ilmiah akibat mengkonsumci alkohol. Sebagai pelengkap, kita juga menuliskan beberapa penelitian serta percobaan di laboratorium dari para pakar kedokteran yang menemukan tak sedikit faktor baru mengenai bahaya alkohol.

Keluarga butuh jeli menonton gejala alkoholisme untuk bisa mencegah serta menyembuhkannya. Menanggulangi alkoholisme bisa diperbuat dengan beberapa cara, yaitu dengan cara medis serta psikologis. Pengatasan dengan cara medis meliputi : pencegahan serta pengatasan gejala putus alkohol (withdrawal syndrome), detoksifikasi serta penghentian minum alkohol, serta terapi memakai obat-obatan untuk menanggulangi ketergantungan alkohol. Sedangkan pengatasan dengan cara psikologis meliputi metode CORE (Commit, Objectify, Respond, Nyaman), Cold Turkey (penghentian tiba-tiba sebab motivasi diri), metode ala Alcoholic Anonymous (AA), serta MC2. Kita yakin pembaca bakal bisa mengambil pelajaran dari cara-cara pencegahan serta pengatasan kecanduan alkohol ini.

Selamat membaca!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Jenis Bahan Jersey yang Cocok untuk Custom Jersey Futsal

5.kegunaaan buah alpukat

Khasiat buah alpukat merupakan mengandung tidak sedikit lemak yang baik. Kandungan inilah yang membikin kegunaaan buah alpukat sangat bervariasi, mulai dari pengobatan sampai urusan kecantikan. Buah alpukat mengandung vitamin K, folat, vitamin C, dan vitamin B5, alpukat tidak mengandung kolesterol dan garam. Sangat rendah karbohidrat.namun kaya bakal lemak baik dan sehat, buah alpukat mengandung kalium yang lebih tinggi dari pada pisang, di dalam 100 gram buah alpukat terkandung kalium yang dapat memenuhi 15 % keperluan sehari. sedangkan pada buah pisang hanya 10%, ini la kegunaaan buah alpukat bagi kesehatan tubuh anda



1.menjaga kesehatan mata

Kegunaaan buah alpukat untuk menjaga organ mata merupakan faktor yang terpenting. Tidak hanya mengunkan kacamata saat di dapan komentar alias laptop, kalian juga dapat melindungi mata dengan tidak jarang mengonsumsi makanan buah alpukat, buah alpukat mempunyai kandungan karotenoid Lutein yang berkegunaaan untuk menjaga mata dari proses katarak

Gejala Hepatitis Pada Anak dan Cara Penanganannya

Hampir semua orang tau pasti ingin jika anaknya tubuh dengan sehat. Namun kemungkinan tertular beberapa penyakit juga ada, termasuk dengan penyakit hepatitis A. Salah satu cara paling baik untuk mencegah penyakit ini pada bayi adalah dengan vaksin hepatitis. Sebagai orang tua Anda juga wajib atau gejala hepatitis pada anak dan cara penanganannya. Berikut penjelasan singkatnya!



1. Mengenal Hepatitis A
Sebelum mengenal gejala dari hepatitis pada anak sebaik pelajari apa itu penyakit Hepatitis A. Hepatitis A sendiri merupakan jenis penyakit yang kerap dijumpai pada usia anak. Hepatitis A adalah penyakit menyerang organ bagian hati dan disebabkan karena adanya infeksi virus.

Masa inkubasi virus pada hepatitis A, dari awal masuk virus sampai menimbulkan gejala penyakit akan memakan waktu kira-kira 28 hari. Pada umumnya imunitas pada anak bisa melawan virus hepatitis A. Namun jika pertahanan tubuh sedang dalam keadaan lemah maka kemungkinan juga bisa menyebabkan kejang atau kesadaran menuru…