Langsung ke konten utama

Gejala Hepatitis Pada Anak dan Cara Penanganannya

Hampir semua orang tau pasti ingin jika anaknya tubuh dengan sehat. Namun kemungkinan tertular beberapa penyakit juga ada, termasuk dengan penyakit hepatitis A. Salah satu cara paling baik untuk mencegah penyakit ini pada bayi adalah dengan vaksin hepatitis. Sebagai orang tua Anda juga wajib atau gejala hepatitis pada anak dan cara penanganannya. Berikut penjelasan singkatnya!

Gejala Hepatitis Pada Anak dan Cara Penanganannya


1. Mengenal Hepatitis A
Sebelum mengenal gejala dari hepatitis pada anak sebaik pelajari apa itu penyakit Hepatitis A. Hepatitis A sendiri merupakan jenis penyakit yang kerap dijumpai pada usia anak. Hepatitis A adalah penyakit menyerang organ bagian hati dan disebabkan karena adanya infeksi virus.

Masa inkubasi virus pada hepatitis A, dari awal masuk virus sampai menimbulkan gejala penyakit akan memakan waktu kira-kira 28 hari. Pada umumnya imunitas pada anak bisa melawan virus hepatitis A. Namun jika pertahanan tubuh sedang dalam keadaan lemah maka kemungkinan juga bisa menyebabkan kejang atau kesadaran menurun.

2. Penyebab Hepatitis A
Virus hepatitis A akan menyebar lewat makanan maupun minuman yang sudah terkontaminasi oleh tinja penderita yang mengidap hepatitis A. Virus ini kerap terjadi di balita usia 2 tahun bahkan juga lebih,

Pasalnya pada usia ini buah hati atau Si Kecil sudah mulai bersosialisasi serta mencoba jajan asal. Dengan begitu virus hepatitis A jadi lebih mudah menyerang. Selain itu, sanitasi dari lingkungan, terutama toilet perlu Anda jaga. Kenapa? Sebab virus ini termasuk pada genus hepatovirus yang mana penyebarannya bisa lewat tinja penderita.

3. Gejala
Gejala awal akan muncul pada anak yang terjangkit virus hepatitis A seperti demam, mual, muntah, nyeri di bagian sendi dan otot, sakit di bagian perut kanan atas, dan disertai dengan diare. Tetapi jika organ hati sudah terserang, beberapa gejala lain juga akan ikut serta muncul misalnya urine berwarna gelap.

Gejala hepatitis pada anak yang lainnya adalah tinja berwarna pucat, mata maupun kulit tampak kuning. Sebenarnya gejala satu ini bukan dampak secara langsung dari virus hepatitis A, namun akibat respons dari imunitas tubuh anak yang mana sedang bekerja untuk melawan virus tersebut.

4. Cara Mengobati
Umumnya kekebalan tubuh pada anak memang melenyapkan virus secara sendirinya, sehingga tidak terdapat obat khusus yang akan membasmi virus ini. Pengobatan yang diberikan ditujukan sebagai cara untuk meredakan gejala yang mana muncul akibat virus, misalnya pereda gatal, mual, serta muntah sesuai pada dosisnya.

Tingkatkan imun tubuh pada si kecil dengan memperbanyak istirahat serta konsumsi makanan bergizi agar bisa mempercepat penyembuhan. Sedangkan sebagai pencegahan, berikan vaksinasi serta biasakan buah hati untuk cuci tangan. Selain itu juga jangan mengonsumsi makanan mentah.

Kemungkinan bisa terjadi, bukan hanya pada orang dewasa. Pada usia anak-anak gejala hepatitis pada anak juga bisa datang. Di atas adalah penjelasan singkat dari hepatitis A yang biasanya menyerang usia anak-anak. Dengan begitu Anda juga bisa lebih semangat dalam mengajarkan anak untuk hidup sehat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Jenis Bahan Jersey yang Cocok untuk Custom Jersey Futsal

5.kegunaaan buah alpukat

Khasiat buah alpukat merupakan mengandung tidak sedikit lemak yang baik. Kandungan inilah yang membikin kegunaaan buah alpukat sangat bervariasi, mulai dari pengobatan sampai urusan kecantikan. Buah alpukat mengandung vitamin K, folat, vitamin C, dan vitamin B5, alpukat tidak mengandung kolesterol dan garam. Sangat rendah karbohidrat.namun kaya bakal lemak baik dan sehat, buah alpukat mengandung kalium yang lebih tinggi dari pada pisang, di dalam 100 gram buah alpukat terkandung kalium yang dapat memenuhi 15 % keperluan sehari. sedangkan pada buah pisang hanya 10%, ini la kegunaaan buah alpukat bagi kesehatan tubuh anda



1.menjaga kesehatan mata

Kegunaaan buah alpukat untuk menjaga organ mata merupakan faktor yang terpenting. Tidak hanya mengunkan kacamata saat di dapan komentar alias laptop, kalian juga dapat melindungi mata dengan tidak jarang mengonsumsi makanan buah alpukat, buah alpukat mempunyai kandungan karotenoid Lutein yang berkegunaaan untuk menjaga mata dari proses katarak